Selasa, Desember 30, 2008

YOGYAKARTA-KERATON NGAYOGYAKARTO HADININGRAT


Kraton (istana) di Yogyakarta ini memiliki riwayat sejarah yang cukup panjang. Dibangun pada tahun 1756, kraton ini telah menjadi saksi bisu bagi belasan generasi yang berkuasa di Yogyakarta dan sekitarnya. Kraton terletak di dalam wilayah yang cukup luas. Bangunan kraton itu sendiri ada di tengah-tengah.

Dinding yang tinggi dan tebal dibangun mengelilingi kraton itu sendiri pada tahun 1785, membuat kraton ini tampak seperti benteng. Dulu sekeliling kraton merupakan tempat tinggal para abdi dalem, anggota laskar kerajaan, juga para bangsawan rendahan. Sekarang tempat ini menjadi semacam desa mengelilingi kraton, menjadi tempat tinggal para seniman, ahli lukis dan ahli membatik.

Terdiri dari berbagai bangunan, dinding, dan taman, Sultan penguasa Yogyakarta masih tinggal di kraton ini. Beberapa bagian kraton dapat dilihat oleh umum.



MENUJU LOKASI:
Kraton berada di tengah-tengah Yogyakarta. Anda dapat mengunjungi kraton dengan berjalan kaki, menggunakan jasa becak, atau naik taksi.

TEMPAT MENGINAP:
Berbagai penginapan dan hotel di Yogyakarta.

TEMPAT MAKAN:
Ada banyak restoran di Yogyakarta, beberapa berada dekat kraton.

CINDERAMATA:
Ada banyak suvenir yang berkaitan dengan kraton, lebih murah apabila dibeli di jalan Malioboro. Kaos oblong dan kartu pos biasanya dapat menjadi oleh-oleh yang menarik.



ALTERNATIF:
Telusuri warisan sejarah ini sambil mengagumi beragam artefak yang menghiasinya. Anda mungkin tertarik mengunjungi Taman Sari, yang lokasinya dekat dengan kraton.

TIPS PERJALANAN:
1.Hormati penduduk lokal, boleh-boleh saja berpakaian kasual tapi sebaiknya hindari pakaian yang terlalu terbuka.

2.Kraton adalah tempat yang penting (terhormat) bagi kebanyakan penduduk Yogyakarta. Kenakan sepatu, dan hindari memakai sandal jepit.

3.Apabila ingin mengetahui lebih banyak, sewalah jasa pemandu yang berlisensi.

Tidak ada komentar: